Kata rayap dapat menyebabkan teror di hati pemilik rumah. Kebanyakan orang menyadari bahwa satu rayap dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada suatu struktur dan jika Anda terus memperbanyaknya satu sama lain, Anda akan segera menemukan diri Anda tidak hanya di rumah yang sangat tidak aman tetapi juga rumah yang berbahaya untuk dihuni dan semuanya mustahil untuk dihuni. menjual. Meski banyak orang yang mengetahui tentang rayap, namun tidak banyak dari mereka yang mengetahui secara spesifik tentang serangga tangguh ini.

Rayap, disebut juga semut putih, termasuk dalam kelompok serangga yang hidup secara sosial, sangat mirip dengan semut. Mereka kebanyakan hidup dari bahan tanaman mati seperti, serasah daun, tanah dan kayu. Koloni dapat menyebabkan banyak kerusakan pada bangunan seperti rumah, hutan, tanaman, dan bangunan lainnya.

Rayap secara lahiriah menyerupai semut dan disebut sebagai semut putih hanya karena penampilan dan perilaku sosialnya serta kesamaan ukurannya. Secara signifikan, rayap lebih putih, lebih gemuk, dan lebih lembut, memiliki kaki yang lebih kecil dan secara umum merupakan makhluk yang jauh lebih lambat. Pada kenyataannya, rayap lebih menyerupai kecoak daripada semut biasa. Beberapa ahli bahkan percaya bahwa rayap layak diberi klasifikasi terpisah daripada dikelompokkan bersama semut sebagai anggota kelas Hymemoptra atau dalam tatanan super yang semuanya disebut sebagai kelas Dictyoptera.

Rayap biasa memiliki bagian mulut yang besar yang digunakan untuk menggigit dan panjang tubuhnya hampir tidak pernah lebih dari satu sentimeter. Mereka biasanya mendiami terowongan dan sarang gelap sebagai koloni dan hanya menjelajah ke tempat terbuka saat burung alate bersayap meninggalkan koloni untuk membentuk koloni baru, atau saat membangun tempat berlindung atau saat memanen makanan jika mereka adalah pemakan rumput dan pemakan serasah daun. Alates pada dasarnya adalah bayi rayap yang muncul dari koloni mereka untuk mencari tempat makan baru.

Sama seperti semut, rayap hidup berkoloni dengan banyak rayap lainnya dan inilah alasannya sering disebut sebagai serangga sosial. Koloni rayap biasanya memiliki anggota mulai dari beberapa ratus hingga jutaan. Mereka bekerja sama satu sama lain dan menggunakan kecerdasan kawanan kolektif mereka untuk mencari makanan guna menopang koloni mereka. Mereka juga memiliki hierarki tetap dalam masyarakat mereka seperti semut. Koloni ini dipimpin oleh ratu rayap dan terdiri dari tentara, pekerja, rayap reproduksi, dan nimfa dengan tugas uniknya masing-masing.

Meskipun rayap ditakuti oleh banyak orang, mereka dapat dengan mudah dikenali dan dikendalikan begitu Anda mengetahui bahwa Anda mungkin terserang rayap. Luangkan waktu Anda untuk mempelajari rayap dan cari tanda-tanda yang benar yang menunjukkan masalah rayap. Sekarang, jika Anda melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi masalah Anda, Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk mengontrol dan memperbaiki kerusakan yang dapat dilakukan serangga ini.

Jika Anda curiga ada rayap, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghubungi jasa anti rayap profesional. Minta rekomendasi teman dan tetangga. Dapatkan kualitas terbaik dengan harga terbaik. Rumah Anda adalah investasi jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *