Merk memanglah kerap diucap selaku bukti diri bisnis dengan bermacam wujudnya tidak cuma logo tetapi pula bisa berupa hologram apalagi suara sekalipun. Tetapi, buat mendaftarkan Merk pula tidak dapat sembarangan. Terdapat kaidah hukum yang wajib owner Merk perhatikan saat sebelum mendaftarkan Mereknya. Tujuannya biar Merk yang hendak didaftarkan tersebut tidak ditolak oleh pemerintah. Registrasi Merk memanglah tidak 100% dipastikan hendak diterima oleh pemerintah.

Tetapi berita baiknya, terdapat sebagian aspek yang bila dicermati saat sebelum mendaftarkan Merekmu. Sehingga bila kalian penuhi syarat- syarat tersebut, menaikkan kesempatan diterimanya registrasi Merekmu. Apa saja hal- hal yang wajib dicermati saat sebelum mendaftarkan Merk? Monggo rencang- rencang ikuti panduan serta caranya yang sudah kami rangkum dari Undang- Undang No 20 Tahun 2016 tentang Merk serta Gejala Geografis, dibawah ini: pendaftaran merek

1. Yakinkan Merk tidak muat Faktor Produk yang kalian pasarkan

Ini berarti mengingat sesuatu produk entah itu benda ataupun jasa tidak cuma dipasarkan oleh satu produsen tetapi sebagian ataupun apalagi banyak produsen. Misalnya bila kalian memproduksi“ Kecap”, Merekmu jangan hingga didaftarkan dengan faktor tersebut. Jangan hingga kalian mendaftarkan dengan Merk“ Kecap” pula sebab di pasaran tidak cuma kalian yang memproduksi Kecap. Merekmu dapat jadi ditolak bukan cuma sebab kalian hendak memonopoli nama“ Kecap” sementara itu ada banyak produsen Kecap tidak hanya kalian. Merekmu pula tidak hendak diterima oleh pemerintah sebab melanggar hukum. Hingga kalo kalian ingin mendaftarkan produk Kecap, daftarkanlah dengan nama lain semacam“ Bangingo” bukan“ Kecap”,“ Kecap Gelap”,“ Kecap Manis”, ataupun“ Kecap Gelap Manis”.

2. Merk tidak memiliki SARA serta melanggar Kedisiplinan Umum

Tau kan apa itu SARA? Singkatannya Suku, Agama, Ras serta Antargolongan. Sebab sebagian tahun ini permasalahan SARA kerap merebak serta merangsang warga, itu jadi peringatan buat kalian yang ingin mendaftarkan Merekmu biar tidak terus menjadi memperkeruh atmosfer. Merk yang hendak kalian daftarkan sangat dilarang memiliki faktor SARA di dalamnya yang berpotensi melanggar Kedisiplinan Universal, merangsang konflik serta memantik rasa kebencian. Misalnya bila kalian merupakan produsen Kripik yang secara genetik berasal dari Ras Tiongkok serta mengenali ciri budaya Tiongkok yang kalian implementasikan dalam produk Kripik kalian, tetapi dalam registrasi Mereknya jangan hingga memakai nama“ Kripik Tiongkok” ya rencang. Pakailah nama lain semacam“ Kripik Nagitos” ataupun apapun yang tidak terdapat hubungannya dengan SARA. Tidak hanya SARA, Merekmu pula tidak bole melanggar Kedisiplinan Universal. Misalnya bila rencang merupakan produsen Ice Cream Bvgil, jangan hingga mendaftarkan Merk dengan nama“ Ice Cream Bugil” ya rencang- rencang. Dipastikan deh Merk kalian lebih gampang diterima pendaftarannya.

Baca Juga : Tenda Sepeda Dan Cara Memilihnya

3. Merk tidak memiliki faktor yang Menyesatkan

Artinya menyesatkan disini lebih kepada penghindaran Gimmick pemasaran yang kerap digunakan oleh produsen bandel yang bisa menyesatkan konsumen. Misalnya bila kalian memproduksi produk“ Rokok”, jangan hingga kalian mendaftarkan dengan nama“ Rokok Leluasa Asma” sebab tidak bisa jadi terdapat produk rokok yang bisa menyehatkan terlebih tidak membagikan dampak negatif pada respirasi. Seluruh produk Rokok tentu berpotensi memunculkan kendala respirasi semacam Asma. Hingga bila kalian mendaftarkan Rokok Leluasa Asma hendak menyesatkan konsumen. Pakailah nama lain semacam“ Rokok Sempurna” serta lain sebagainya.

4. Merk tidak memiliki faktor suatu yang sudah didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual

Saat sebelum kalian mendaftarkan Merk kalian, yakinkan terlebih dulu Merk kalian tidak memiliki faktor suatu perihal lain yang sudah didaftarkan HKI baik Merk, Cipta, Paten, Desain Industri, Varietas Tumbuhan serta DTLST. Misalnya bila kalian membuka usaha Floris yang menjual bermacam berbagai tanaman spesialnya Bunga, Merekmu tidak boleh memakai nama“ Raflesia Arnoldii” sebab nama tersebut sudah didaftarkan HKI lain ialah Proteksi Varietas Tumbuhan. Gunakanlah nama lain buat Merk kalian semacam“ Raflesindo”. Kalian bisa membenarkan faktor tersebut dengan menghubungi pihak DJKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *