Salah satu fitur yang menawarkan kepraktiksan buat penumpang mobil merupakan pintu geser elektrik( electric sliding door). Tinggal tekan tombol, hingga pintu terbuka otomatis. Honda Freed, Nissan Serena, Toyota Sienta serta Alphard ialah sebagian contoh mobil yang mengadopsi pintu geser semacam ini.

Tetapi yang namanya sliding door menuntut perawatan ekstra. Tidak semacam pintu biasa yang mengandalkan engsel, mekanisme pintu geser lebih rumit. Terdapat bonus komponen mulai dari roller, pengunci, rel serta sebagainya. Buat yang elektrik pasti ditambah motor penggerak pintu.

BACA JUGA

Toyota Rush Melawan SUV Wuling, Siapa Unggul?

Ini Kerugian Bila Ogah Servis Sepeda Motor Secara Rutin

Wajah Baru Wuling Confero S, Apa yang Berganti?

Tetapi tidak butuh takut. Asal pintu giat dirawat, hingga kepraktisan senantiasa terpelihara. Metode sangat mudah menjaga pintu geser, ya dikala perawatan teratur di bengkel. Tetapi, saat sebelum waktu berkunjung ke bengkel datang, yang namanya kehancuran dapat terjalin kapan saja. Nah, sedikit panduan dari kami soal perawatan simpel supaya pintu geser elektrik Sienta dapat senantiasa‘ loncer’ serta nyaman.

Pakai Penetran sliding mirror closet doors

Perawatan pintu geser dapat Kamu jalani teratur di rumah. Diawali dengan mensterilkan railing( rel) dari kotoran yang terakumulasi. Ambil contoh Toyota Sienta. Railing Sienta terletak di samping dasar serta balik dan letaknya terbuka. Sebab itu, kotoran ataupun air dapat masuk kapan saja. Kotoran dapat disapu dengan kuas halus, lap ataupun lebih bagus jika Kamu memiliki kompresor buat menyemprot angin.

Langkah selanjutnya, bagikan cairan penetran buat mensterilkan roller. Cairan ini melenyapkan sisa- sisa kotoran yang tersangkut di roller serta bearing- nya. Penetran semacam ini dapat didapat di toko- toko yang sediakan perlengkapan rumah tangga. Tetapi jangan kurang ingat, penetran pula terdapat yang bertabiat kimiawi keras, sehingga dapat membuat cat mobil kumal. Jadi, perhatikan pula komposisi cairan yang digunakan.

Dikala mobil dicuci, upayakan tidak menyemprot langsung railing sebab air yang masuk serta terlampaui ataupun tidak dapat dikeringkan, dapat memunculkan korosi. Walaupun kami percaya Sienta telah memiliki bawaan anti- karat dari pabrik buat pintu gesernya, tetapi tidak terdapat salahnya bertabiat preventif daripada menyesal.

Perhatikan Roller

Roller merupakan roda yang membuat pintu dapat beralih. Di dalam roda terdapat bearing yang membolehkan perputaran jadi lembut. Sienta pula memiliki roller semacam ini. Gimana metode mengetahui jika terdapat yang salah dengan roller? Awal perhatikan bunyinya. Jika telah terdengar agresif, membawa ke bengkel formal buat dicek keausan bearing.

Kedua, apakah pergerakan pintu masih lembut serta ringan? Perihal ini lebih gampang dicek pada mobil berpintu geser manual( Honda Freed A, Toyota Sienta Gram), yang digerakkan oleh kekuatan tangan. Buat pintu geser elektrik, perhatikan apakah butuh waktu yang lebih lama untuk pintu buat menutup. Bearing yang telah tidak maksimal, membuat motor bekerja lebih keras serta ujung- ujungnya memperpendek usia motor penggerak. Nyatanya, lebih baik ubah bearing daripada motor elektrik yang biayanya dapat jutaan rupiah.

Gimana supaya bearing serta roller awet? Gampang, bagikan pelumas ataupun gendut supaya senantiasa licin serta sedikit gesekan. Tetapi jika Kamu merasa ini merepotkan, membawa ke bengkel formal terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *